Sabtu, 28 April 2012

Legenda Ratu Pantai Selatan

RATU PANTAI SELATAN
Ratu Pantai Selatan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Nyi Roro Kidul adalah tokoh legenda yang sangat populer dikalangan masyarakat Jawa dan Bali (bagian selatan). Kepercayaan masyarakat akan adanya penguasa Lautan di Selatan Jawa (Samudera Hindia) dikenal oleh Suku Sunda dan Suku Jawa. Orang Bali juga meyakini akan adanya penguasa di Pantai Selatan ini.

Tidak diketahui dengan pasti kapan legenda ini ada, namun legenda ini mecapai tingkat tertinggi pada penguasa Kraton dinasti Mataram Islam (Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Yogyakarta) bahwa penguasa pantai selatan, Kanjeng Ratu Kidul merupakan "istri spiritual" bagi raja-raja di kedua kraton tersebut.

Panggung Sangga Buwana
Pada waktu tertentu, kraton memberikan persembahan di Pantai Parangkusuma, Bantul, dan di Pantai Paranggupita, Wonogiri kepada sang ratu. Panggung sangga buwana di kompleks Kraton Surakarta dipercaya sebagai tempat bercengkrama Sunan dan Kanjeng Kidul . Konon sang Kanjeng Ratu tampil sebagai perempuan muda nan cantik pada saat bulan muda hingga purnama , tetapi berangsur-angsur menua dan buruk rupa pada saat bulan mati.

Versi Jawa
Dalam keyakinan masyarakat Jawa, Kanjeng Ratu Kidul memiliki pembantu setia yang bernama Nyi Rara Kidul . Nyi Rara Kidul menyukai warna hijau dan dipercaya suka mengambil orang-orang yang mengenakan pakaian hijau yang berada di pantai wilayahnya untuk dijadikan pelayan atau pasukannya. Karena itu pengunjung pantai wisata selalu diingatkan agar tidak menggunakan pakaian berwarna hijau.
Pantai Selatan Pulau Jawa = Pelabuhan Ratu, Pangandaran dan Cilacap
Pantai di Selatan Yogyakarta = Semenanjung purwa di ujung timur.

Versi Sunda
Di kalangan masyarakat Sunda, beranggapan bahwa Ratu Kidul merupakan titisan dari Kerajaan Padjajaran  yang bunuh diri di laut karena penyakit yang ia derita. Sehingga Ratu Kidul di usir.

Dalam kepercayaan Jawa, bahwa tokoh ini dianggap bukanlah Ratu Laut Selatan yang sesungguhnya, melainkan diitentikkan dengan Nyi Rara Kidul, pembantu setia Kanjeng Ratu Kidul. Hal ini berdasarkan kepercayaan bahwa Ratu Kidul berusia jauh lebih tua dan menguasai Laut Selatan jauh lebih lama sebelum Kerajaan Padjajaran.

Sedekah Laut : Masyarakat pantai selatan biasa untuk memberikan persembahan untuk penguasa pantai selatan ini, agar tujuannya untuk memperbaiki penghasilan para nelayan.
Upacara ini biasa dilakukan para nelayan di Pantai
1. Pelabuhan Ratu
2. Ujung Genteng, Jawa Timur
3. Pangandaran
4. Cilacap
5. Sakawayana

Animasi video tentang Ratu Pantai Selatan menurut Versi Sunda

Mohon komentar, Kritik dan Sarannya.
Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar