Kamis, 19 Juli 2012

Bulan Agustus

BULAN AGUSTUS

Agustus adalah bulan kedelapan dalam satu tahun Kalender Gregorian. Asal-usul kata ini tidaklah begitu jelas, tetapi kemungkinan besar diambil dari Bahasa Portugis "Agosto" yang dipengaruhi oleh Bahasa Belanda "Augustus" . Kedua nama tersebut merujuk kepada Kaisar Romawi, Octavianus Augustus. Sebelumnya, bulan ini disebut Sextilis yang berarti keenam dalam Bahasa Latin.

Agustus adalah satu dari tujuh bulan lain yang memiliki 31 hari. Pada tahun biasa, tidak ada bulan lain yang dimulai pada hari dalam minggu yang sama seperti pada bulan Agustus walaupun pada tahun kabisat, bulan Februari dimuali pada hari yang sama. Bulan Agustus berakhir pada hari yang sama dengan bulan November setiap tahunnya.

OCTAVIANUS AUGUSTUS
Imperator Gaius Julius Caesar Octavianus Divi Vilus Augustus
Lahir : Roma, 23 September 63 SM
Wafat : Nola, Italia,  19 Agustus 14 M ( 75 tahun )

Gaius Julius Caesar Augustus (23 September 63 SM - 19 Agustus 14) yang bergelar Kaisar Oktavianus Augustus atau Kaisar Agustus (bahasa latin : Imperator Caesar Divi Filivs Avgvtvs) adalah Kaisar Romawi pertama dan salah satu yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian , kesejahteraan , dan kemegahan di Kekaisaran Romawi, yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau Kedamaian Romawi . Memerintah sebagai penguasa tunggal mulai tahun 27 SM sampai meninggalnya tahun 14 SM. Ia menikah dengan Livia Drusilla dan langgeng hingga lebih dari 51 tahun . Setelah meninggal, Tiberius menggantikannya sebagai Kaisar Romawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar