Jumat, 04 Mei 2012

Balawan & Batuan Ethnic Fusion

I Wayan Balawan
Gianyar, Bali, 9 September 1973
Balawan adalah seorang Gitaris Jazz Indonesia yang di favoritkan karena teknik bermain gitar Touch Tapping Style. Ia gemar bermain musik sejak umur 8 tahun dan kemudian membentuk Band ketika Balawan masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Ia kerap membawakan lagu yang beraliran Rock,bosan dengan aliran Rock yang sering ia bawakan. Setelah lulus sekolah Balawan pindah ke sydny untuk belajar gitar Jazz
selama 5 tahun. Dan akhirnya ia kembali ke kampung halamannya pada tahun 1997, kemudian Balawan membentuk band bernama Batuan Ethnic Fusion yang menggabungkan musik Tradisional Bali.
Balawan sering kali diundang ke luar negeri (Belanda, Jerman, Australia dan negara lainnya) untuk menampilkan musik Jazz yang mempunyai ciri khas tersendiri. Balawan & Batuan Ethnic Fusion juga kerap tampil di Hard Rock Cafe Bali.

The Dance of Janger lyrics
Jangi janger
Sengsenge sengseng janger
Sengsenge sengseng janger
Serere nyomane nyore
Kelap kelap ngalap bunga
Langsing lanjar pamulune nyandat gading
Jalan jangi mejangeran
Seriang ngentur rora roti




Putri Cening Ayu

1000 Temple

Country Belejagur
Download Instrument : http://gudanglagu.com/b/balawan/balawan-country-belejagur/

Magic Reog Jam
Download Instrument : http://gudanglagu.com/b/balawan/balawan-magic-reog-jam/

Semua Bisa Bilang
Kalau kau benar-benar sayang padaku
Kalau kau benar-benar cinta
Tak perlu kau katakan itu
Cukup tingkah laku

Sekarang apalah artinya cinta
Kalau hanya dibibir saja
Cinta itu bukanlah main-mainan
Tapi pengorbanan

Semua bisa bilang sayang
Semua bisa bilang
Apalah artinya sayang tanpa kenyataan
Download Instrument : http://www.4shared.com/get/J8uAT9LA/balawan_-_semua_bisa_bilang.html

Balawan & Batuan Ethnic Fusion
Penulis dkk awalnya tidak begitu menyukai aliran musik Jazz karena dianggap hanya untuk kalangan atas, orang yang sudah berumur dan sangat membosankan. Kami lebih berkiblat ke Pop, RnB. Namun, ketika kami mendengarkan music Jazz yang dibawakan oleh Balawan gitaris asal Gianyar Bali ini, kami merasa tertarik. Orang Bali sangat terampil, itu yang dikatakan oleh kawan-kawanku ketika mereka mendengar salah satu instrumen yang dimainkan oleh Balawan ini "Putri Cening Ayu". 
Kami akhirnya penasaran, adakah karya-karya lainnya? Ternyata sangat banyak, kami cari di internet seputar Balawan. Dan ternyata ia mempunya Band yang ia namakan "Balawan & Batuan Ethnic Fusion" yang dimana itu meliputi
Drum, gamelan, Keyboard, Bass, Bonang, Gendang, Ceng-ceng, dan Gitar yang dimainkan oleh Balawan itu sendiri.
Sungguh sangat unik dan musik yang mereka mainkan tidak membosankan, juga tangan terampil dari Balawan yang saat memainkan gitar. 
Ketika Balawan tampil di Radio Show yang ditayangkan oleh TvOne beberapa waktu yang lalu, kami melihat teknik bermain gitar yang Balawan mainkan. Namun sayangnya, ia tampil diacara tersebut tidak dengan Batuan Ethnic Fusion (tapi tetap bagus Bli). 
Dari sekian banyak karya-karya yang dibuat oleh Balawan, penulis paling suka instrument
"The Dance of Janger" karena itu benar-benar perpaduan musik yang pas antara musik Jazz dengan gamelan tradisional Bali, apalagi ditambah dengan perpaduan Biolanya.
Penulis kerap mainkan musik The Dance Of Janger dengan teman-teman lainnya ketika waktu kuliah senggang. Memang tidak mudah, tetapi dengan perbedaan latar belakang (suku,agama,ras,antar golongan,juga bahasa) membuat semakin unik group yang telah terbentuk.Kami selalu mencari berita terbaru dari Band yang digawangi oleh Balawan ini. Musik terbaru, video tournya keluar negeri selalu kami cari.

Ternyata Indonesia itu negara yang kaya akan budaya. Semua macam alat musik tradisional bisa disatu padukan dan dengan tangan terampil yang memainkannya, hasil yang didapatkannya pun sungguh sangat indah untuk didengar dan di nikmati. Tekun, sabar dan mau belajar itulah nanti yang akan menuai hasilnya.
Terimakasih Bli Balawan telah menjadi inspirasi kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar